Pelanggan Game Online Akan Dikenai Pajak 10%

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan kembali menunjuk delapan perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai pemungut pajak pertambahan nilai (PPN) perdagangan melalui sistem elektronik (PSME).

Ada sekitar 8 perusahaan yang ditunjuk tersebut mulai dari perusahaan game online hingga pemilik WordPress. Perusahaan akan memungut PPN atas produk digital yang dijual kepada pelanggan di Indonesia.

“Dengan penunjukan perusahaan ini, maka sejak 1 Juni 2021 para pelaku usaha tersebut berkewajiban memungut PPN atas produk dan layanan digital yang mereka jual kepada konsumen di Indonesia,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor dalam keterangannya, Kamis (3/6).

Sebanyak delapan perusahaan tersebut adalah,

  • TunnelBear LLC,
  • Xsolla (USA), Inc.,
  • Paddle.com Market Limited,
  • Pluralsight, LLC,
  • Automattic Inc,
  • Woocommerce Inc.,
  • Bright Market LLC,
  • PT Dua Puluh Empat Jam Online.

Beberapa perusahaan yang tercatat sebagai perusahaan game online yakni Xsolla dan PT Dua Puluh Empat Jam Online. Sementara Automattic Inc merupakan perusahaan pemilik WordPress.

“Jumlah PPN yang harus dibayar pelanggan adalah 10 persen dari harga sebelum pajak dan harus dicantumkan pada kuitansi atau invoice yang diterbitkan penjual sebagai bukti pungut PPN,” jelasnya.

Dengan penambahan delapan perusahaan tersebut, maka jumlah total pemungut PPN PMSE yang telah ditunjuk otoritas pajak hingga saat ini menjadi 73 badan usaha.

Khusus untuk marketplace yang merupakan wajib pajak dalam negeri yang ditunjuk sebagai pemungut, maka pemungutan PPN hanya dilakukan atas penjualan barang dan jasa digital oleh penjual luar negeri yang menjual melalui marketplace tersebut.

Khusus untuk marketplace yang merupakan wajib pajak dalam negeri yang ditunjuk sebagai pemungut, maka pemungutan PPB hanya dilakukan atas penjualan barang dan jasa digital oleh penjual luar negeri yang menjual melalui marketplace tersebut.

“Dengan penambahan delapan perusahaan, maka jumlah total pemungut PPN PMSE yang telah ditunjuk DJP menjadi 73 badan usaha,” ungkap Neilmaldrin.

Indonesia sejak 1 Juli 2020 sudah menerapkan PPN terhadap pemanfaatan barang tidak berwujud maupun jasa dari luar Indonesia di dalam Indonesia melalui perdagangan yang menggunakan sistem elektronik (PMSE).

Ketentuan ini berlaku bagi produk digital seperti layanan streaming music, streaming film, aplikasi, dan games digital, serta jasa online dari luar negeri.

Salah satu dampak dari aturan ini adalah PP0N sebesar 10 persen yang harus dibayakan oleh konsumen yang biasa membeli game digital atau online melalui platform steam.

Steam adalah platform distribusi game besutan Valve yang dirilis pada tahun 2003. Di bulan maret 2020, platform ini mencetak rekor jumlah pengguna dengan menembus angka 20 juta pengguna.

Steam juga popular di kalangan gamer Indonesia yang menggemari Dota 2 dan Counter Strike: Global Offensive, selain juga dimanfaatkan untuk membeli game-game digital dengan lisensi original.

Beberapa developer game asal Indonesia juga sudah berhasil menembus pasar gamer internasional dengan memasarkan karyanya melalui Steam, salah satunya adalah game Legrand Legacy karya Semisoft Studio.